Selasa, 14 Februari 2012

Program Pendidikan Alam


Perubahan iklim menjadi topik kunci dan tema umum pendidikan lingkungan hidup pada pergantian millenium. Kaliandra terpanggil untuk mengangkat topik perubahan iklim sebagai materi utama di setiap program pendidikan alam berikut:

Kenal Alam

beberapa siswa mengidentifikasi tumbuhan
Belajar mengidentifikasi tumbuhan
Program Kenal Alam dirancang untuk mengenalkan keanekaragaman hayati pada para peserta. Selama 2 hari 1 malam para peserta akan diperlengkapi dengan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati, perubahan iklim, ekosistem lahan kering dan hutan tropis. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan kognitif, tetapi juga akan diajak untuk menjelajah alam di sekitar Kaliandra dan melakukan pengamatan flora-fauna.

Cekal Rusa (Cegah & Tangkal Kerusakan Alam)

Apa jadinya bila Bumi menjadi tempat yang tidak nyaman dihuni?
Program Cekal Rusa dirancang untuk menggugah kesadaran para peserta dalam mempertahankan kelestarian alam dan meminimalkan kegiatan yang merusak alam. Topik-topik yang disajikan selama 2 hari 1 malam ini meliputi: pencemaran lingkungan, perubahan iklim, dan jenis-jenis pengelolaan sampah. Melalui program Cekal Rusa, kita berharap Bumi ini masih menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali sampai 1.000 tahun lagi. Selama Mars belum bisa dihuni, mari kita lestarikan Bumi ini.

Anugerah Alam

children learning about organic farming
Belajar pertanian organik
Tak bisa disangkal bahwa manusia masih membutuhkan alam untuk menopang kehidupannya. Alam tidak hanya menyajikan sumber pangan, tetapi juga menyediakan beragam obat untuk memulihkan kondisi fisik manusia. Melalui program Anugerah Alamselama 2 hari 1 malam, para peserta diajak untuk mengenal lebih dekat dasar-dasar pertanian organik, tanaman obat, makanan dan minuman ekologis. Perubahan iklim juga akan disampaikan untuk menyadarkan para peserta akan kerentanan alam sebagai sumber pangan bila iklim turut berubah.

Sains & Seni Alam

Perkembangan teknologi ibarat pedang bermata dua bagi kehidupan manusia. Di satu sisi, teknologi sangat membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Di sisi lain, teknologi juga turut menyumbang kerusakan alam.
Program Sains & Seni Alam dirancang untuk mengenalkan teknologi ramah lingkungan pada para peserta. Penggunaan teknologi tidak harus mengorbankan kelestarian alam. Melalui program 2 hari 1 malam ini, para peserta akan diajak untuk mengenal konsep energi dan teknologi yang ramah lingkungan. Dilengkapi dengan seni (lukis) yang menggunakan bahan-bahan alami, program ini dirancang untuk menyeimbangkan aspek intelektual dan estetika para peserta.

Program Sehari (4-6 jam)

Jika waktu Anda terbatas untuk berkegiatan di Kaliandra, kami memiliki penawaran program pendidikan alam yang bisa dilakukan selama satu hari (4-6 jam). Tim pemasaran kami siap untuk memaparkan pilihan modul pendidikan dan mendiskusikan rencana kegiatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar