Minggu, 01 Januari 2012

Pedasnya Bebek Bakar Sambal Rujak


 



TEMPO.COJakarta - Bagi AndIBa penikmat daging bebek, pastilah tidak sulit menemukan penganan tersebut di Jakarta. Di pinggir jalan Ibu Kota beragam tenda penjual daging bebek banyak tersebar. Bahkan sejumlah restoran yang mengangkat menu utama bebek sudah bermunculan.

Namun apakah Anda sudah pernah mencicipi bebek yang dibalur dengan sambal rujak? Kalau belum pernah, coba saja datang ke Begor Edan Cak Topa di Jalan Cikajang 38 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sesuai dengan namanya, Bebek Bakar Bumbu Rujak, sebelum dibakar daging unggas itu terlebih dahulu diuleni sambal ala rujak. Hasilnya, semeriwing bumbu rujak tercium dari daging bebek yang berwarna kehitaman. Dilengkapi dengan taburan serundeng, sedikit kuah kari daging bebek di atas nasi, dan cabai merah ulek, tak ayal menu ini membuat air liur menetes.

Ketika mulut mulai mengecap, nyes... rasa manis daging bebek melebur dengan pedasnya sambal rujak. Satu kecapan masih bisa tahan, tapi di kunyahan ketiga rasanya ubun-ubun sudah mulai gatal. Gelas berisi air pun tidak bisa jauh dari jangkauan tangan.

Meski bebek bakar sambal rujak sudah terasa pedasnya, Mustofa alias Cak Topa tidak berhenti diracikan itu saja. Lelaki kelahiran Surabaya tersebut memberi deretan pilihan menu bebek pedas lainnya, seperti Bebek Goreng Cabe Ijo.

Judulnya juga cabe ijo, tidak mengherankan bila kita mendapati pemandangan ulekan cabai hijau menutupi daging bebek. Dan seperti tidak puas dengan kemampuan pedas si cabai hijau, Cak Topa menambahkan secawan kecil ulekan cabai merah. Perpaduan cabai hijau dan merah itu membuat rasa pedas Bebek Goreng Cabe Ijo tidak perlu lagi dipertanyakan. Pedasnya sanggup membuat Anda mengeluarkan air mata.

Usai membuat lidah bergoyang dengan sensasi pedas bebek, tidak ada salahnya Anda memesan pisang bakar karamel plus es krim vanila. Dua batang pisang ditemani es krim vanila dan satu strawberi dengan lelehan karamel di atasnya. Empuknya pisang membuat mulut mudah melumatnya. Perpaduan manis pisang, karamel, dan ek krim vanila terimbangi dengan asamnya buah strawberi.

"Pisangnya benar-benar empuk. Tapi sebaiknya satu dessert pisang bakar ini untuk dua orang karena porsinya banyak," kata seorang pengunjung, Vennie.

Dan bagi penikmat bebek pedas, lidah Anda akan terpuaskan di sini.
BEBEK PEDAS
BAHAN :
1 ekor bebek
1 buah jeruk nipis
3 lbr daun jeruk
1 btg serai, memarkan
50 gr lengkuas, memarkan
Air secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya
BUMBU YANG DIHALUSKAN :
300 gr cabe merah
100 gr bawang merah
75 gr bawang putih
50 gr terasi
50 gr jahe
CARA MEMBUAT :
1. Cuci bebek hingga bersih lalu potong menjadi empat bagian.
2. Lumuri daging bebek dengan menggunakan jeruk nipis sampai merata lalu diamkan selama 1/2 jam. Sisihkan.
3. Siapkan wajan panaskan sedikit minyak lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan tambahkan daun jeruk dan sereh serta lengkuas.
4. Masak sampai bumbu matang dan harum, lalu masukkan daging bebek tambahkan air dan garam.
5. Masak bebek hingga matang dan empuk lalu angkat.
6. Siapkan wajan panaskan minyak yang banyak lalu goreng bebek hingga matang dan agak kering.
Sajikan bebek goreng bersama dengan nasi putih, sambel dan lalapan.
Untuk 4 porsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar