Selasa, 03 Januari 2012

Perawatan kulit tubuh


Perawatan kulit tubuh – Memiliki kulit tangan dan kaki yang sehat dan halus adalah dambaan semua wanita anggota yang berupa tangan dan kaki sering kali terlupakan pada saat perawatan hal ini di karenakan perawatan tangan dan kaki terlihat sulit untuk di lakukan. Perawatan seputar tangan dan kaki menjadi mudah apabila kita tahu bagaimana cara-caranya, berikut beberapa tips cara-cara merawat tangan dan kaki.

Perawatan kulit kaki dan tangan

Merawat kaki untuk tetap indah dan manawan sangatlah mudah berikut cara mudah memiliki kaki indah.
- Merendam kaki
Awali dengan merendam kaki di air hangat yang di campur dengan sedikit garam gosok antara jari kaki dan juga kuku-kuku kaki dengan spons lunak. Lalu bilas sampai bersih selain itu dapat melakukan perawatan tambahan guna menghaluskan kulit kaki yaitu dengan merendam kaki di air hangat.
- Menghilangkan kulit kasar
Biasanya bagian kulit dan telapak kaki lebih kasar di banding bagian lainnya gosok kulit kasar tersebut dengan batu apung kemudian olesi dengan krim pelembap untuk mencegah kulit kasar timbul kembali gunakan krim pelembap tiap kali selesai mandi atau mencuci kaki.
- Gunting kuku
Jangan menggunting kuku terlalu pendek juga jangan menggunting kulit seputar kuku selain tidak rapi hal ini akan mengundang infeksi untuk memisahkan kulit dan kuku gunakan penjepit khusus rapikan eutieula (selaput rambut) (kulit bantalan kuku yang berhuruf U) dengan cara dorong eutieula perlahan-lahan dengan tongkat khusus (bisa disebut orangewood stick) cabut eutieula yang tidak rapi dengan pencambut.
- Menghaluskan
Menggunting tidaklah cukup untuk mendapatkan kuku kaki yang rapi setelah menggunting kuku gunakan penghalus (kikir) mula-mula kikir sudut-sudut kuku sehingga tidak ada sudut-sudut yang tajam lakukan penghalusan ini dari sudut luar ke arah dalam untuk mengikir kuku gunakan dengan gerakan searah untuk menghindari sobeknya kuku.
- Mewarnai 
Untuk mewarnai kuku pertama gunakan lapisan pelindung kuku dari zat kimia yang dikenal dengan nama kuteks kemudian pisahkan jari-jari dengan pemisah jari yang terbuat busa untuk mengindari jari terkena pewarna. Olesakan pewarna kuku dengan hati-hati dan biarkan kering dengan sempurna sesudahnya gunakan lapisan akhir (top coat) agar cat tidak mudah tergores.
- Perawatan tambahan
Setelah lelah beraktivitas rendam lkaki dalam air hangat yang di campur dengan garam untuk melancarkan peredaran darah serta meredakan pembengkakan yang biasa timbul ketika kaki lelah sesudahnya campurkan garam kasar dengan sedikit minyak zaitun yang dihangatkan gosokkan pada bagian kaki sambil melakukan pemijatan terakhir bilas kaki dan gunakan krim pelembap dengan merata (terutama pada bagian yang kasar) kemudian kenakan kaus kaki tebal agar krim tersebut meresap.

Tips menghaluskan kulit pecah-pecah

Ketika mandi gosoklah bagian yang pecah-pecah tersebut dengan alat penghalus telapak kaki (bisa berbentuk batu apung atau penghalus kaki khusus yang dijual di toko kecantikan). Alat ini akan mengelupaskan kulit-kulit kering pada tumit setelah itu lanjutkan dengan mengoleskan foot lotion yang mengandung pelembap atau baby oil lalu kenakan kaus kaki lembut ketika hendak tidur esok harinya sudah dapat dirasakan kelembutan pada tumit kaki.

Tips merawat kulit kering

Untuk merawat kulit kering hendaknya memakai foot lotion atau aloe vera setiap malam sempatkan untuk memijitnya setelah mengolesnya pilihan lain adalah menggunakan menthol guna memberikan rasa segar terutama pada kaki yang lelah dapat juga menggunakan petroleum jelly yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Mengatasi kulit berminyak

Memakai flat shoes tidak jarang membuat kaki menjadi mudah berkeringat dan menimbulkan bau kurang sedap untuk menjaga kulit agar tetap harum adalah campurkan 10 tetes minyak lavender ke dalam air rendam kaki selama 15 menit keringkan dan bedaki dengan bedak yang mengandung deodoran lakukan setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar