Sabtu, 17 Juli 2010

Aneka Hidangan di Jakarta


Jakarta bagaikan New York di Amerika Serikat, kota yang tidak pernah tidur. Banyak penduduk Indonesia yang merantau ke kota metropolitan ini, menambah keunikan dan pesona bagi ibu kota Indonesia ini.


Sebagai ibu kota negara Indonesia, kota megalopolis ini dapat didatangi dalam satu, dua atau beberapa kali penerbangan dari kota-kota besar di luar negri. Kebanyakan kota besar di Indonesia juga memiliki penerbangan dengan tujuan akhir Jakarta. Dari Bandara Sukarno-Hatta yang dulunya dikenal dengan nama Cengkareng, Anda dapat memulai petualangan Anda di Jakarta.



Apabila budget Anda terbatas, pilihlah penginapan atau hostel yang menawarkan harga murah. Bagi yang menyenangi kemewahan dapat memilih hotel berbintang lima atau apartemen/condo.



Cara yang paling nyaman yaitu dengan menyewa mobil. Taksi juga gampang ditemui di sini. Anda juga dapat menjajal aneka angkutan kota seperti bus atau busway. Pastikan Anda tahu di mana Anda harus turun (dan yang lebih penting, bus apa yang akan Anda naiki) supaya tidak tersesat.



Mulai dari pedagang makanan kaki lima sampai restoran nan elegan, Jakarta menyediakan semuanya. Pecinta seafood dapat mencoba Muara Karang. Terletak di daerah utara Jakarta, Muara Karang adalah tempat yang ideal untuk menjajal hidangan seafood. Anda dapat membeli hasil laut yang segar di Muara Karang. Tak dapat memasak? Jangan khawatir?kebanyakan restoran di Muara Karang dapat memasakkannya untuk Anda. Untuk menghemat waktu, dapat juga langsung ke restoran dan memesan langsung apa saja yang mereka tawarkan.



Salah satu penganan Jakarta yang paling populer adalah kerak telor. Kebanyakan dijual oleh pedagang kaki lima, hidangan ini saking populernya kini, dapat ditemui di foodcourt serta restoran tradisional. Gado-gado dan ketoprak rasanya lezat dan mengenyangkan, pula. Biasanya dimakan dengan nasi hangat ataupun lontong. Gado-gado terdiri dari tahu goreng dan beragam sayuran yang direbus, misalnya kentang, kubis, kacang panjang, dan sebagainya. Saus kacang kemudian ditambahkan. Ketoprak menggunakan saus yang serupa, namun terdiri dari toge, bihun, dan tahu goreng. Ketoprak dan gado-gado dijual di berbagai restoran juga di pedagang kaki lima.


Sate juga merupakan hidangan yang sedap. Dibalur saus kacang spesial, Anda dapat mencoba sate ayam, sate sapi, maupun sate kambing. Sate tersedia di aneka restoran, juga dijual di kaki lima.


Ingin berbelanja dan makan hidangan lezat? Cobalah berbagai mal. Semua pusat perbelanjaan di Jakarta memiliki berbagai restoran juga foodcourt. Foodcourt biasanya lebih berisik, jadi untuk kenyamanan Anda dapat memilih hidangan di restoran atau kafe.


Restoran di hotel berbintang harganya cukup mahal namun nyaman dalam hal servis juga enak rasanya. Sesuai bagi yang mengutamakan kualitas.


Kafe seperti Starbucks dan Tea Leaf adalah tempat nongkrong favorit bagi penduduk lokal juga turis. Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang menarik untuk dinikmati.


Apabila ingin mencicipi hidangan tradisional Indonesia, ingatlah bahwa masakan Padang biasanya memiliki rasa yang pedas. Masakan Sunda lebih tawar namun gurih, cocok dengan selera kebanyakan orang. Masakan Jawa biasanya bercita rasa lebih manis.

Beberapa restoran yang layak dicoba:

AMERICAN HAMBURGER KEBAYORAN BARU

Jalan Melawai IV no. 17, Blok M


ANGUS HOUSE RESTAURANT

Chase Plaza Tower, 25th Floor, Jalan Jendral Sudirman Kav. 21


BOB SHASHLIK RESTAURANT

Jalan Kemang Raya 14


CAFE DE PARIS
Jalan Kemang Raya 90

TGI FRIDAY

The Ascott? Jakarta, Taman Ria Senayan, Jalan Gerbang Pemuda, Senayan


JAVA BLEU

Jalan Fatmawati 15 Blok E 31


SATE KHAS SENAYAN

Jalan Cokroaminoto 78


LA BRASSERIE

Le Meridien Hotel, Jalan Jendral Sudirman Kav. 18-20


OISHII
Jalan Kemang Raya 24A


wwwok!

Jalan Kemang Raya 9 JK


DAPUR SUNDA

Kawasan Hanggar Teras Pancoran, Jalan Gatot Subroto Kavling 72


PAPRIKA

Jalan Wahid Hasyim 55A


SAMUDRA SHARK?S FIN

Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika


WARUNG DAUN

Masakan Sunda

Pusat : Jl. Wolter Monginsidi No. 41 Kebayoran Baru, Jakarta, 12180

Tel. +62 21 727861138, Fax. : +62 21 72786137

Cabang : Jl. Pakubuwono VI No. 10 Kebayoran Baru, Jakarta 12120

Tel. +62 21 7395454, Fax. : +62 21 7259955

Email : warung_daun(AT)yahoo.com (AT dibaca @)

Waroeng Chamoe-Chamoe
Ikan Bakar Manado
Jl. Panglima Polim IX No. 53
Jakarta 12160
Tel. +62 21 720 8294; +62 21 726 7094
Fax. +62 21 727 91805
Gedung Millenia Lantai 2
Sudirman Central Business District
Jl. Jend. Sudirman
Jakarta Selatan 12190
Tel. +62 21 5152905; +62 21 515 2906


  • Gedung Sarinah di Blok M atau Pasar Seni di Ancol menyediakan aneka suvenir yang menarik hati. Di sini Anda juga dapat membeli suvenir yang berasal dari beragam wilayah di Indonesia. Harganya mungkin sedikit lebih mahal, akan tetapi jelas jauh lebih mudah daripada membeli langsung di daerahnya!
  • Buku-buku yang bertutur tentang Indonesia?ada juga dalam bahasa Inggris, juga dapat dijadikan pilihan.
  • Lukisan orisinil, patung, dan aneka suvenir lainnya. Pasar Seni juga memungkinkan Anda berinteraksi langsung dengan senimannya.


  • Shop till you drop! Ada banyak butik dan toko berkelas di Jakarta, yang menjual barang-barang eksklusif. Bagi yang lebih mementingkan kuantitas dapat mencoba Mangga Dua. Mungkin Anda akan tergoda membeli pakaian dalam baru atau bahkan, gaun pesta menawan!
  • Mengunjungi Dunia Fantasi di Ancol. Disneyland-nya Indonesia.
  • Kunjungi Seaworld untuk lebih mengenal fauna di lautan.
  • Berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, untuk melihat miniatur berbagai bangunan di Indonesia, termasuk rumah tradisional di berbagai tempat di Indonesia.
  • Pastikan taksi yang Anda naiki menggunakan argometer. Sebisa mungkin pilihlah taksi Blue Bird yang terkenal aman dan nyaman. Sebisa mungkin hindari taksi Prestasi yang biasanya menggunakan sistem tembak?tanpa argometer.
  • Bawalah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, karena Jakarta termasuk kota yang berhawa panas.
  • Cek bill Anda sebelum pergi, untuk memastikan tidak adanya kesalahan. Kebiasaan memberi tip tidak umum apabila Anda membeli makanan di pedagang kaki lima atau restoran fastfood. Anda dapat memberi tip apabila makan di restoran mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar