Jumat, 16 Juli 2010

Kedai Kopi Perpaduan Perancis, Jerman, dan Jawa

Sinou Kaffee Hausen (foto: Arno/US)

BERADA di Sinou Kaffee Hausen, kedai kopi yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, serasa di Eropa tahun 1960-an. Selain interior unik, Anda juga bisa menikmati kopi dan hidangan lezat a la barat.

Sinou Kaffee Hausen lahir dari obsesi sang pemilik, Mita Abidin, untuk membawa konsep industrial Parisian warehouse ke Jakarta.

“Kami menghabiskan bulan madu di Paris. Istri saya terkesan dengan keindahan bangunan bersejarah di sana. Kami juga sering singgah di coffee shop setempat,” terang Ali Reza, direktur Sinou yang juga suami Mita.

Terinspirasi warehouse, tak perlu bingung melihat interior resto dua lantai ini. Blueprint yang terdapat di dinding, tembok berlubang dan langit-langit yang tidak dicat.

“Sinou sengaja mengusung konsep undone,” jelas pria yang biasa disapa Reza.

“Bangku di sini tidak ada yang sama. Kecuali seat kayu, meski model sama, warna berbeda-beda,” lanjutnya.

Pemilihan nama Sinou Kaffee Hausen perpaduan Jawa-Jerman. “Istri saya biasa dipanggil Sinok, yang dalam bahasa Jawa berarti anak perempuan kesayangan. Agar tidak disangka restoran masakan Jawa, kami ubah jadi Sinou,” beber Reza.

“Sedang Kaffee Hausen, dalam bahasa Jerman artinya rumah kopi. Sesuai dengan Sinou, yang menyediakan kopi dengan tempat bersuasana homy,” ungkap Reza antusias.

Sinou menyuguhkan hidangan Eropa pilihan. Ada pancake, sandwich, salad, oxtail dan aneka pasta. Penyuka waffle wajib mencoba Heaven Choco. Waffle tebal, dengan paduan saus dark chocolate yang kuat dan es krim coklat yang manis, terasa sungguh menggoda.

Belum cukup? Mushroom Beef Pate akan memuaskan perut Anda. Sandwich dengan daging sapi tebal, melted-egg dan kentang goreng dijamin bikin kenyang. Gurihnya daging sapi impor Australia, terasa lembut saat beradu di dalam mulut.

Berbagai kopi lokal hasil roasted sendiri bisa didapat di sini. Menu andalan favorit pengunjung, Ice Green Tea Cappuccinno. Pertama mereguk, harumnya teh hijau terasa begitu menyegarkan. Perlahan, berganti aroma kuat cappuccino yang mantap. Jangan sampai terlewatkan. Penyuka minuman manis, boleh menjajal Ice Oreo Choco Caramel.

Meski baru dibuka, sejumlah selebriti pernah menyambangi resto berkapasitas hingga 200 orang ini. Di antaranya, Ridho Slank, Stenny Agustaf dan Angga Maliq D’ Essentials.

Sinou juga dilengkapi function hall dan meeting room. Function hall-nya unik. Dilihat sekilas, seperti lukisan dinding. Padahal, dinding itu bisa dibuka dan menjadi pintu masuk ke function hall yang biasa digunakan untuk merayakan ulang tahun atau gathering.

Jika tak ada halangan, dalam waktu dekat Sinou akan menyajikan hiburan live music. Band akustik akan menghibur pengunjung setiap malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar