Sabtu, 17 Juli 2010

Seni Kontemporer Bertemu Penduduk Jakarta di Halte Bus

Pusat Kebudayaan Prancis (CCF) Jakarta akan memutar Video Art berjudul Fraîcheur de vivre! (Kesegaran hidup!)

Bermain dengan kode dan bahasa perkotaan, karya seni ini akan membuat pertemuan tak terduga antara seni dan publiknya di Jakarta.

Ditampilkan pada layar TV yang terdapat di semua halte bis TransJakarta, karya-karya seniman video muda Prancis dan Indonesia akan memasuki keseharian masyarakat Jakarta pada sebuah tempat yang benar-benar tak terduga.

Ketika seni kontemporer merasuki transportasi umum dan mengubahnya menjadi ruang seni, maka semua orang akan terkejut karena terciptanya dunia baru penuh kejutan serta pertemuan seni yang terbuka untuk semua orang dan yang berhasil mewujudkan ide demokratisasi kebudayaan.

Sekarang ini, video merupakan suatu seni, sama seperti fotografi pada tahun 70an. Di sinilah terdapat penemuan paling unik dan lucu, paling puitis dan singkat. Pada zaman sekarang, budaya seniman muda, publik muda, kolektor muda terfokus pada televisi. Video berasal dari dunia yang sama. Seperti apakah karakter seorang seniman video Prancis? Video Prancis dapat dikatakan puitis, lebih mengarah pada masuknya dunia maya atau hal-hal aneh ke dalam dunia nyata .

Pameran ini diberi judul Fraîcheur de vivre! (Kesegaran hidup!) karena ingin menampilkan bakat, semangat, kebahagiaan yang terpancar dari karya-karya ini. Sebagian besar video merupakan video terbaru yang direalisasikan oleh seniman muda; tetapi kehadiran para senior seperti Leccia dan Ruggirello yang karya-karyanya tetap aktual, dapat memberikan makna yang lebih dalam kepada pameran. Kehadiran seniman wanita juga merupakan hal yang sangat penting .

Jadwal:

Jumat 3 Februari 2006 pukul 17.00 – 22.00
Sabtu 4 Februari 2006 pukul 06.00 – 17.00

Tempat: Di semua halte bis TransJakarta Koridor I (Blok M – Kota) kecuali Harmoni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar