Sabtu, 17 Juli 2010

Tahukah Anda?

Empat Nama di Bali
Penduduk Bali memiliki empat nama dasar bagi para anak mereka, yaitu, Putu/Wayan, Made, Nyoman, dan Ketut. Apabila seorang penduduk Bali memiliki anak kelima, namanya akan kembali menjadi Putu atau Wayan, dan seterusnya.

Dicari: Beberapa Ratus Nama Pulau
Indonesia memiliki lebih dari 13.000 pulau, menyebabkannya menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Akan tetapi, kebanyakan dari pulau-pulau ini tidak berpenghuni, dan bahkan tak bernama.

Terbesar Tapi Bukan Terharum
Bunga terbesar di dunia, Rafflesia Arnoldi, adalah salah satu bunga asli Indonesia. Bunga ini dinamai berdasarkan nama Sir Stamford Raffles. Walaupun bunga ini sangat besar, Rafflesia tidak harum baunya seperti bunga mawar atau melati--karena Rafflesia juga dikenal sebagai bunga bangkai, bunga yang melahap para serangga.


Tanah Impian Para Seniman
Banyak pelukis terkenal dari seluruh penjuru dunia yang memilih untuk tinggal di Indonesia. Salah satunya bernama Antonio Blanco.

Ironi Kehidupan
Walaupun Bali bisa dikatakan identik dengan kesenian dan seniman, bahasa Bali sendiri tidak mengenal kosa kata untuk kata "seni" dan "seniman".


Warisan Pra-Sejarah?
Indonesia merupakan habitat asli bagi kadal terbesar di seluruh dunia, yang dikenal dengan nama komodo.


Salah Satu dari Tujuh Keajaiban Dunia
Candi Buddha terbesar di dunia berada di Indonesia--Borobudur. Candi ini juga menjadi inspirasi dibangunnya Angkor Wat di Kamboja.

Sang Saka Merah Putih--Simbol Kebebasan
Bendera Indonesia berwarna merah dan putih, melambangkan keberanian dan kesucian hati. Selama Perang Kemerdekaan melawan pemerintah kolonial Belanda (yang benderanya berwarna merah, putih, dan biru), tak terhitung banyaknya pejuang yang gugur saat berusaha merobek bagian biru dari bendera Belanda, di setiap kesempatan yang ada.

Bhinneka Tunggal Ika
Indonesia memiliki lebih dari 300 suku dan dialek/bahasa daerah. Namun kebanyakan penduduk Indonesia dapat berkomunikasi antar sesama menggunakan Bahasa Indonesia.

Demi Tradisi
Walaupun pendapatan rata-rata tahunan di Indonesia hanya $ 1140 (Dolar Amerika), rata-rata sebuah pesta pernikahan di kota-kota besar memakan biaya sekitar 5000 dolar Amerika. Mengirimkan kartu undangan sebanyak 1000 lembar (atau lebih) dapat dianggap hal yang biasa-biasa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar