Sabtu, 17 Juli 2010

Waspada Tindak Kejahatan Saat Mudik

Kejahatan dapat terjadi kapan saja, dimana saja, tidak pandang tempat. Dimanapun berada, pelaku kejahatan selalu pandai memanfaatkan situasi dan kondisi. Demikian juga dalam perjalanan mudik. Untuk mencegahnya tindak kejahatan selama perjalanan, agaknya anda bisa ikuti tips di bawah ini.

Pelajari rute perjalanan Anda
Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi jalan yang akan anda lalui, juga jalan alternatifnya. Ini sangat penting, karena tentu akan memudahkan anda saat berkendara di jalan. Dengan mengetahui kondisi jalanan yang akan dilewati, kita bisa mengetahui situasi dan lokasi yang bakal kita lalui. Tak kalah penting adalah jalan alternatif, karena ini akan memudahkan anda di saat kondisi jalan atau situasi di jalanan yang akan dilewati mengalami berbagai gangguan, semisal, banjir, ada kecelakaan yang membuat jalan macet atau memang macet karena kondisi jalan padat kendaraan.

Waspadai kondisi jalanan
Hati-hati dengan kondisi jalan yang berlubang, jalan sempit dan jalan rusak. Ini bisa menjadi penyebab mobil berhenti karena rusak atau mogok, yang bisa dimafaatkan pelaku kriminalitas. Jadi, selama mengemudi, mata harus awas dengan kondisi jalanan yang dilewati.

Tidak Panik dan Bersikap Tenang
Saat anda memang harus berhenti karena kondisi mobil mogok, janganlah panik jika anda dikerumuni oleh orang-orang atau warga disekitar. Bersikaplah tenang dan segera hubungi bengkel atau polisi untuk minta bantuan. Jangan mudah percaya pada siapapun yang tidak anda kenal jika menawari bantuan yang anda nilai agak mencurigakan. Kunci mobil, setidaknya anda harus amankan mobil dan barang-barang anda jika memang harus terpaksa meninggalkan mobil. Dan jangan pergi meninggalkan mobil anda terlalu lama.

Pilih Tempat Untuk Berhenti
Usahakan untuk tidak berhenti di tempat yang sepi dan gelap di malam hari. Anda harus pilih tempat yang aman untuk berhenti. Lokasi yang sepi dan gelap, sangat rawan terjadi kejahatan dan menjadi pilihan utama tempat melakukan kejahatan.

Tutup Kaca Jendela
Saat anda terjebak kemacetan, jangan membuka kaca jendela sembarangan apalagi jika situasi jalan gelap di malam hari. Tindak kejahatan seperti penodongan sangat sering terjadi saat kondisi jalanan macet, apalagi bila malam hari dan anda membuka kaca jendela mobil anda. Waspadai kondisi sekeliling anda terlebih dahulu jika memang anda harus membuka jendela untuk beberapa saat dan jangan buka lebar.

Istirahat yang Aman
Jika anda ingin berhenti di restoran, SBPU, tempat istirahat, kamar mandi dan lainnya, parkirkanlah kendaraan anda di tempat yang sekiranya aman. Lihat dulu situasi tempat. Lalu anda pilihlah tempat parkir yang paling aman dan tidak terhalang pandangan. Jadi, anda tetap bisa mengawasi kendaraan sambil lakukan kegiatan yang anda inginkan.

Tidak Mencolok
Jangan memancing perhatian pelaku kejahatan dengan sikap anda sendiri, misalnya anda mengenakan perhiasan yang berlebihan, membawa uang yang berlebihan dan menenteng ponsel atau memainkan ponsel anda di tangan anda. Semuanya ini tidak ada gunanya, malah bisa merugikan anda. Jangan bersikap ceroboh selama melakukan perjalanan jauh. Bila memungkinkan, gunakan saja fasilitas handsfree jika suatu saat anda harus menerima atau melakukan panggilan. Satu hal juga, jangan menerima panggilan telpon saat mengemudi, kecuali menggunakan handsfree. Ini sangat berbahaya sekali, dan jangan ambil resiko yang besar.

Sediakan uang recehan
Biasanya jika ingin buang air kecil, anda harus membayar menggunakan uang recehan. Demikian juga halnya saat melewati jalan-jalan di kampung yang banyak orang minta sumbangan di pinggir jalan. Uang kecil tak akan menarik perhatian dan mengundang kejahatan. Jadi ketika memutuskan hendak melakukan perjalanan, tukarkanlah beberapa uang anda dengan recehan.

Selamat mudik, dan selalu waspada selama perjalanan.

Sumber: www.perempuan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar